Your Family Travel

Ini Dia Tips Melaksanakan Ibadah Umrah Bagi Para Milenial

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 20 Juni 2023, 14:24:04

Banyak anggapan, bahwa melaksanakan ibadah haji atau umrah harus ketika sudah tua, masa pensiun, atau harus jadi orang kaya terlebih dahulu. Padahal, tidak perlu menunggu tua jika ingin menunaikan umrah. Justru saat masih muda, maka Anda dapat melakukan ibadah dengan maksimal. Mengapa?

Tentu saja, karena untuk menjalani semua kegiatan pada rangkaian ibadah umrah, diperlukan banyak energi dan kondsi badan yang kuat. Ketika masih muda, sehat, segar bugar, Anda dapat mulai merencanakan untuk menunaikan ibadah umrah ke Baitullah. Mulailah dengan berniat kuat untuk melaksanakan umrah ketika masih muda.

18.jpg

Image by cytis from Pixabay

Jangan merasa putus asa, melihat daftar tunggu haji yang masih bertahun-tahun lamanya. Tetap lakukan usaha supaya Allah mengundang hamba-Nya dengan cara yang ajaib. Misalnya dengan merencanakan kapan akan melakukan perjalanan ibadah umrah. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan cita-cita pergi ke tanah suci. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar dapat berangkat umrah saat masih muda. Yuk simak sampai akhir!

Memantaskan Diri Berangkat Umrah

Hal pertama yang dapat Anda luruskan adalah niat. Niat yang tulus untuk menunaikan ibadah umrah. Perlu dipahami bahwa beribadah ke Baitullah merupakan panggilan dari Allah SWT. Bukan soal laki-laki atau wanita, tua atau muda, kaya atau miskin, namun seberapa kesungguhan Anda untuk memantaskan diri di hadapan Allah SWT.

Maka, Anda perlu mengiringi niat tersebut dengan ikhtiar untuk memantaskan diri. contohnya, cek seberapa besar kesungguhan Anda untuk pergi umrah, mulai membenahi ibadah-ibadah yang wajib, memperbanyak ibadah sunnah lebih sering, memudahkan urusan orang lain dan seterusnya. Sehingga Allah akan menilai kita pantas untuk melaksanakan ibadah yang lebih istimewa lagi yaitu beribadah di Baitullah.

Belajar Tentang Persiapan Ibadah

Selanjutnya, Anda mulai untuk belajar tentang apa saja yang perlu Anda siapkan untuk umrah. Mulai dari mempelajari tentang rukun umrah, apa saja yang dilakukan waktu di sana, belajar tentang\menghafalkan bacaan doa yang dibaca saat umrah dan seterusnya.

Anda juga bisa mencari informasi hal teknis tentang cara berangkat umrah, menyiapkan dokumen, membuat paspor, memilih biro travel umrah, bagaimana alur perjalanan selama di Baitullah dan lain-lain. Informasi yang banyak dapat membantu Anda agar lebih terarah.

Anda bisa mencari informasi terkait ibadah umrah lewat pencarian di internet, bisa juga bertanya kepada teman yang pernah melaksanakan ibadah umrah.

Membuka Tabungan Khusus Umrah

Umrah adalah ibadah yang agak berbeda dengan ibadah lainnya, terutama mengenai biaya perjalanan untuk berangkat ke tanah suci yang tentu saja cukup relatif. Sebagai milenial, tentunya Anda mempunyai prioritas yang berbeda dalam mengalokasikan penghasilan yang Anda dapatkan. Aneka kebutuhan lain yang saat ini mungkin menjadi hal yang lebih prioritas untuk Anda dahulukan.

pexels-karolina-grabowska-4386421 (1).jpg

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Bukan berarti, Anda tidak bisa melaksanakan ibadah umrah di usia muda. Ketika Anda meniatkan diri untuk umrah, usahakan pula untuk merencanakan bagaimana agar Anda bisa melaksanakannya. Anda bisa mulai membuka tabungan umrah di lembaga keuangan yang Anda percaya.

Sekarang ini, ada bermacam-macam lembaga keuangan yang menyediakan layanan pembukaan tabungan khusus haji dan umrah. Tentunya Anda akan merasa terbantu karena ‘dipaksa’ menyimpan uang untuk mencapai tujuan Anda melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci. Yaitu dengan menyimpan sejumlah dana tertentu sesuai rencana.

Menetapkan Waktu Terbaik untuk Ibadah Umrah

Selanjutnya Anda dapat menetapkan waktu terbaik untuk berangkat umrah. Bisa juga menyesuaikan jadwal Anda saat ini. Akan tetapi, sebaiknya Anda mengetahui waktu-waktu terbaik untuk melaksanakan umrah di tanah suci karena kondisi iklimnya yang cukup berbeda dengan di Indonesia.

Terdapat beberapa waktu terbaik yang bisa Anda pilih. Di antaranya adalah:

  • Bulan Ramadhan

Dalam satu hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Jika Ramadhan tiba, berumrahlah pada saat itu. Karena umrah di bulan Ramadhan senilai dengan haji.” Tentunya, Anda juga dapat merasakan indahnya suasana bulan suci di Baitullah yang membuat ibadah Anda semakin terasa berkesan.

  • Bulan Maret-Mei

Seperti yang diketahui, iklim di Makkah dan Madinah berbeda dengan di Indonesia. Pada bulan Maret-Mei merupakan waktu yang baik untuk Anda berangkat umrah karena pada bulan tersebut cuaca tidak terlalu panas atau terlalu dingin sehingga terasa nyaman dan lebih fokus untuk menjalankan ibadah umrah.

  • Di Awal dan Akhir Tahun

Baik awal maupun akhir tahun, menjadi waktu yang tepat bagi Anda ‘beristirahat’. Melakukan refleksi diri untuk mengevaluasi bagaimana setahun terakhir juga sebagai motivasi untuk memulai awal baru yang lebih baik. Tentunya, juga dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tak heran bila pada pergantian tahun adalah momen yang diminati untuk melaksanakan umrah.

  • Sebelum dan Sesudah Musim Haji

Nah, pada waktu sebelum dan sesudah musim Haji, situasi di Baitullah cukup lengang. Anda dapat merencanakan umrah pada saat itu agar Anda dapat beribadah dengan tenang tanpa harus berdesak-desakan. Momen seperti mencium hajar aswad ataupun beribadah di Hijr Ismail juga tidak akan terlewat.

Menentukan Travel Umrah Terbaik

Biasanya, untuk melakukan perjalanan haji maupun umrah, memerlukan bantuan biro perjalanan atau travel umrah. Apalagi bagi Anda yang baru pertama kali melaksanakan umrah, penting memilih travel umrah yang terpercaya.

19.jpg

Photo by MichaƂ Parzuchowski on Unsplash

Anda dapat menggali informasi dari website, datang langsung ke kantor biro umrah terdekat, ataupun rekomendasi dari teman atau saudara yang sudah menggunakan biro jasa travel umrah tertentu. Hal ini untuk mewaspadai dari travel umrah bermasalah yang bisa menghambat perjalanan ibadah umrah Anda.

Hal-Hal yang Sebaiknya Dihindari

Terakhir, ada hal-hal yang harus Anda hindari saat Anda berniat untuk umrah. Karena tujuan utama dari umrah adalah semata-semata beribadah kepada Allah dalam rangka mendekatkan diri kepada-Nya. Hal yang harus Anda hindari:

  • Melaksanakan ibadah umrah dengan tujuan untuk bersenang-senang, karena memiliki kemampuan untuk melaksanakannya. Ingat, ibadah umrah bukanlah sekedar mengunjungi tempat wisata atau plesir.
  • Menunaikan umrah dengan tujuan riya’ atau pamer. Ibadah umrah adalah ibadah fisik yang sangat berpotensi untuk diperlihatkan kepada orang lain. Diperlukan biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi, untuk orang-orang yang Allah berikan kekayaan, sangat mudah untuk melaksanakan umrah ke tanah suci. Oleh karena itu, selalu perbaharui niat, supaya tidak hanya sekedar untuk pamer.
  • Menjalankan umrah dengan tujuan mencari keuntungan. Hindarilah melaksanakan ibadah umrah hanya semata-mata mendapat keuntungan dunia, misalnya dengan berdagang. Cek lagi niat Anda benar-benar murni untuk beribadah kepada Allah SWT.
  • Memaksakan diri agar bisa menjalankan umrah. Ibadah umrah adalah bagi siapa saja yang mampu, jadi tidak perlu memaksakan diri untuk berangkat umrah jika memang belum dimampukan. Hal ini justru bisa menyusahkan diri sendiri dan juga orang lain.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar bisa berangkat umrah di usia muda. Tidak ada salahnya memulai merencanakan untuk pergi umrah dari hari ini. Selamat mencoba!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id